Menu Navigation

20 September 2016

Apa Itu NFC ? Berikut 3 Hal Yang Bisa Dilakukan Menggunakan Fitur NFC di Smartphone Kita

source picture



NFC adalah kepanjangan dari Near Field Communication. Apakah itu? Mungkin ada beberapa yang sudah tahu betul, pernah melihat di setting smatrphone kita, ada yang pernah membaca istilah NFC atau malah ada yang baru dengar.

NFC ini adalah teknologi komunikasi untuk bertukar data dalam jarak dekat yaitu sekitar 4 inci. Penggunaannya mirip dengan bluetooth tetapi berbeda system dan jarak pertukarannya. System yang digunakan NFC adalah system RFID ( Radio Frequency Identification).

Sebenernya NFC ini teknologi yang sudah cukup lama, tetapi penerapannya dalam kehidupan sehari-hari masih sedikit terutama di Indonesia. Berikut 3 hal yang bisa dilakukan dengan NFC dalam kehidupan sehari-hari yang sudah diterapkan di Indonesia saat ini tentunya.


1. Pertukaran Data Antar Smartphone


source picture



Selain pertukaran data, gambar dan video menggunakan bluetooth, antar smartphone bisa juga menggunakan NFC untuk bertukar data tersebut. Tentunya hal ini berlaku untuk smartphone yang sudah mempunyai fitur NFC. Caranya adalah dengan menempelkan kedua smartphone yang telah di aktifkan fitur NFC nya. Pertukaran data menggunakan NFC tidak perlu autentikasi yang lama seperti halnya bluetooth yang memerlukan proses pairing terlebih dahulu.



2. Mobile Payment


source picture 


NFC dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dengan cara men-tap perangkat smartphone kita ke perangkat transaksi tanpa perlu melakukan pembayaran tunai atau menggunakan kartu elektronik. NFC ini melengkapi fungsi dompet digital atau e-wallet yang saat ini sedang digencarkan oleh operator di Indonesia seperti contohnya T-Cash dari Telkomsel, XL-Tunai dari XL dan Dompetku dari Indosat Ordeoo serta lainnya.

T-Cash bahkan menggunakan NFC sticker yang ditempelkan di perangkat smartphone kita. Jadi smartphone yang tidak memiliki fitur NFC, bisa menambahkan sticker ini untuk bertransaksi di mesin NFC merchants. Telkomsel saat ini terlihat paling banyak bekerjasama dengan merchants untuk penerapan mobile payment dengan NFC. Contoh merchants yang sudah bekerjasama adalah : McDonald's, Cinema XXI, Bakmi GM, 7 Eleven, Wendys dan Coffe Bean.


3. Cek Saldo dan Isi Ulang Kartu Pembayaran Elektronik


source picture 


Dengan NFC kita bisa mengecek saldo bahkan mengisi ulang kartu elektronik kita sendiri tanpa perlu pergi ke mesin ATM atau ke merchants yang menyediakan isi ulang kartu. Contoh kartu elektronik ini adalah kartu e-money dari Mandiri dan Kartu Flazz dari BCA. Untuk kartu Flazz kita hanya bisa mengecek saldo saja. Lalu bagaimanakah caranya? Kita harus install aplikasi "mandiri e-money info" untuk pemegang kartu e-money Mandiri atau aplikasi "BCA Mobile" untuk pemegang kartu Flazz BCA. Aplikasi ini bisa di donwload dari Play Store untuk pengguna Android.

Setelah di install di smartphone dan kita buka aplikasinya, kita hanya perlu menempelkan kartu tersebut di bagian belakang smartphone yang mempunyai fitur NFC. Kenapa di bagian belakang? Karena hardware NFC biasanya dibenamkan di batere smartphone. Jadi kalau kamu menggunakan baterai yang tidak original, dipastikan fitur NFC ini tidak bekerja.
Untuk detail cara mengisi ulang saldo e-money Mandiri kamu bisa lihat di website Mandiri atau bisa ke http://www.bankmandiri.co.id/article/emoneynfc.html .


Ke depannya dipastikan penggunaan ini di Indonesia akan semakin luas seiring bertambahnya jumlah smartphone yang membenamkan fitur NFC ini. Untuk list smartphone yang menggunakan fitur NFC bisa di lihat disini ya http://www.nfcworld.com/nfc-phones-list/.





Disclaimer :

- Penyebutan brand bukan iklan, hanya sekedar informasi penerapan ya
- Feel free untuk tambahan informasi :)

No comments:

Post a Comment